Senin, 20 Juli 2009

Penjelasan artikel pipe#3

Pipemagz edisi #3 yang lalu salah satu artikelnya berjudul Jakarta-adalah TIPS PERGI ke Jakarta untuk wawancara kerja!Artikel itu dibuat dengan setengah hati. Artikel itu sebenarnya adalah sebuah bentuk KRITIK! Tapi sayang kritik yang tidak disampaikan dengan terbuka sehingga mengurangi tujuan dari kritik tersebut!Kritik dari arikel tersebut sangat tersembunyi hingga hanya penulisnya saja yang tahu arti kritik tersebut. Saya minta maaf, karena sebelumnya kami menjadi PECUNDANG dengan tidak menyampaikan secara terbuka kritik yang tersirat dari artikel tersebut. Berikut ini kami sampaikan maksud kritik artikel tersebut:
Untuk mendapatkan pekerjaan selain kemampuan individu juga dipengaruhi oleh faktor INSTITUSI tempat pendidikan orang tersebut. Univ kita sebagai sebuah perguruan tinggi yang baru saja berubah dari IKIP menjadi Universitas, menjadikan beberapa fakultas AKREDITASInya masih rendah. Bolehlah alumni univ kita ber IPK 4.00, tapi banyak organisasi baik swasta, negeri,BUMN yang MENOLAK lulusan univ dengan akreditasi yang masih rendah. SUDAHKAH KRITIK YANG SAYA MAKSUD TERSAMPAIKAN?
Kantor pusat perusahaan-perusahaan besar, BUMN dsb biasanya ada di JAKARTA! Bila mereka ingin merekrut pegawai baru, biasanya seleksi diadakan di daerah-daerah seperti ibu kota provinsi (Semarang, Jogja, Surabaya, Medan dll). Setelah seleksi di daerah selesai, kantor pusat di JAKARTA akan memanggil orang-orang yang berkompeten untuk diwawancara sebagai seleksi akhir. Istilahnya mereka ingin melihat langsung barang-barang yang baru saja dipilihkan daerah untuk mereka. Disinilah kritik saya berawal. Dalam proses seleksi di daerah bisa saja ditanyakan tentang akreditasi universitas. Bila tidak memenuhi syarat, terpaksa kita tidak bisa mengikuti seleksi selanjutnya. Karena itu ke Jakarta bisa jadi hanya mimpi (dalam artian seperti yang saya maskudkan diatas). TANPA akreditasi yang baik alumni univ kita bisa ditolak untuk menggapai karir tertingginya. Tapi kita harus OPTIMIS!!!Artikel ke JAKARTA bisa terwujud bila kita juga mengembangkan diri dengan kemampuan lain seperti bahasa Inggris, computer, bahasa asing lain, interpersonal skill, intrapersonal skill, communication skill, EQ,SQ, dan lain sebagainya. Jangan Cuma bergantung pada institusi!Masa depan di tangan kita!SALAM SUKSES!
KRITIKNYA SUDAH TERSAMPAIKAN?

2 komentar:

Idub mengatakan...

Ooo.. ternyata gitu.. mudenk bos.. tapi kok aku malah pengen kerja di Semarang ya.. trus bikin/beli rumah yang kecil tapi damai di Ungaran.. berkeluarga.. punya banyak anak.. Hehe..

Tenan lho.. terinspirasi The Ataris - I Won't Spend Another Night Alone ... :D

PIPE MAGAZINE mengatakan...

Iya idub...Ungaran adl kota impian..hehe
tp klo baca iklan di koran ad bbrp prushaan yg minta syarat univ dgn akreditasi yg baik..ato kt lebih baek jd wirausahawan ya..

Posting Komentar

 

PIPE MAGAZINE Design by Insight © 2009