Jumat, 24 Juli 2009

Bahaya Televisi (TV create loosers)


Menonton, adalah membuka gerbang pikiranmu untuk diisi oleh pesan-pesan dari orang-orang yang tak peduli dengan hidupmu. (Iwan “Buta Warna”)

Mengurangi menonton Tv adalah sebuah sikap positif yang bisa disamakan dengan menajuhi rokok, alcohol dan narkoba. Sayangnya lepas dari Tv itu tidak mungkin. Tv sudah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari.

Menonton Tv membuat imajinasi kita pasif. Imajinasi-imajinasi saat menonton Tv diberikan oleh Tv kepada kita tanpa ada penolakan dari pikiran kita. Bandingkan dengan membaca buku dimana kita membentuk imajinasi kita sendiri. Dengan menonton Tv kita diberi sebuah gamabaran tentang sesuatu yang sudah dibentuk sedemikian rupa oleh pihak yang membuat acara Tv. Lewat Tv kita tidak perlu berimajinasi karena Tv sudah membuatknnya untuk kita. Dari situ Tv berbahaya karena pesan yang disampaikan sulit untuk dibuat gambaran ulangnya sesuai imajiansi kita. Otak kita hanya pasif menerima berbagai pesan-pesan yang masuk.

Tv juga membuat kita malas. Mata kita sulit beralih dari layar kaca dan telinga kita juga aktif mendengar suaranya. Waktu akan terbuang bila kita berada di depan Tv. Kita hanyak duduk diam melihat berbagai tayangan dan imajinasi kita dikontrol. Kita jadi malas melakukan sesuatu dan menunda-nunda pekerjaan.

Adegan-adegan Tv kadang juga banyak dimuati adegan kekerasan, pornografi, dan standar-standar hidup yang menyesatkan. Misalnya dalam hal gaya bicara. Menonton acara talkshow membuat kita secara pasif menerima sebuah imaji tentang bagaimana seharusnya berbicara/gaya bicara. Kita seperti menerima standar agar disukai lawan bicara kita harus mengikuti gaya bicara sang tamu maupun gaya bicara pembawa acara, padahal hal itu malah membuat kita kehilangan style komunikasi unik kita sendiri. Bahkan bisa membuat kita kehilangan kepercayaan diri bila kita merasa tidak berbicara sesuai dengan yang kita lihat di TV. Kita tidak akan bersifat natural dan gaya kita bisa menjadi tipuan belaka. Apalagi tayangan sinetron bodoh. Kita bisa ikut-ikutan bergaya bodoh.

Kita tetaplah sulit untuk melawan godaan menonton tv(saya juga membuat tips “avoid Tv Screen” di blog ini). Kalau memang tergoda untuk menonton tv, tontonlah tanyangan yang bukan murahan semisal acara pendidikan, sejarah, berita dan sebagainya. Rekomendasi saya adalah Metro Tv dan Tv One.

0 komentar:

Posting Komentar

 

PIPE MAGAZINE Design by Insight © 2009