Selasa, 23 Desember 2008

Renugan Tentang Sejarah

Rasanya sulit sekali bila tidak mengikuti perkembangan teknologi. Selain karena kebutuhan , hal itu berkaitan juga dengan fashion dan gengsi. Apalagi ini era globalisasi, tuntutan zaman semakin bertambah. Coba baca iklan lowongan pekerjaan di koran-koran, kita harus bisa bahasa asing, menguasai ms office, atau program-program computer lainnya.

Di era globalisasi ini, internet memegang peranan penting. Dengan internet informasi menjadi mudah sekali didapatkan. Internet telah merubah dunia menjadi tanpa batas dan menyatu dalam sebuah ruang maya. Internet telah memberi sebuah dunia lagi bagi manusia selain dunia nyata dan dunia mimpi.

Ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi sunguh berkembang pesat dan adalah tuntutan zaman bagi setiap orang. Tapi kenapa sejarah masa lalu kita bukan tuntutan zaman. Kebenaran sejarah masih dipertanyakan, coba lihat kembali peristiwa-peristiwa G30 S PKI, DI TII, supersemar, orde baru, reformasi dsb. Masih diperdebatkan tentang apa, kenapa, dan bagaimana peristiwa tersebut.

Zaman dan globalisasi seolah menuntut kita untuk melupakan dan membuang sejarah masa lalu. Padahal masa sekarang dan masa depan bersumber dari masa lalu. Pendidikan sejarah perlu dibenahi, kebenaran sejarah harus diungkap, generasi muda sudah malas dengan sejarah masa lalu apalagi tentang kebenarannya. Selain karena globalisasi tapi juga oleh sejarah yang belum pasti. Cukup sudah, globalisasi sudah membingungkan apalagi tentang kebenaran sejarah. Kita harus arif menerima sejarah apa adanya. Jangan pernah menafsirkan sejarah sesuai kepentingan

kelompok sendiri. Arya

0 komentar:

Posting Komentar

 

PIPE MAGAZINE Design by Insight © 2009